1. logo its
  2. Library

Mau terhindar Diabetes? Abis makan jangan langsung tidur

Wednesday, 30 July 2014
Mau terhindar Diabetes? Abis makan jangan langsung tidur - Waspada obesitas, bisa memicu penyakit Diabetes Melitus. Waspada obesitas, bisa memicu penyakit Diabetes Melitus. © intiherbalindo.blogspot.com

Diabetes Melitus emang belum ada obatnya. Banyak faktor penyebab kencing manis ini, mulai faktor keturunan, virus, obesitas sampai obat yang biasa diminum. Ada tips atau cara mengatasi penyakit ini, Okay, kita mulai dengan faktor penyebab Diabetes.

Setelah tahu gejala Diabetes di artikel sebelumnya, ternyata banyak lho, faktor yang dapat jadi penyebab kencing manis :

1. Keturunan

Sekitar 15%-20% penderita punya riwayat keluarga kencing manis. Coba diinget-inget, mama, papa, kakek, nenek kita, ada gak yang kena Diabetes? Walau prosentase penyebab diabetes nya kecil, tetap jaga diri ya…

2. Virus

Studi epidemologi di Inggris dan Swedia menunjukkan, penyakit parotitis (menyerang pankreas) menimbulkan prevelensi Diabetes meningkat pada anak. Cuman jangan terlalu dikuatirkan, angka penyebab faktor virus penyebab diabetes relatif kecil.

3. Kegemukan (obesitas)

Jelas aja, udah geraknya kurang, cadangan energinya banyak banget. So pasti meningkatkan resistensi kekebalan tubuh terhadap insulin.

4. Usia

Pada orang yang udah uzur, fungsi organ tubuh pasti menurun. Hal ini menyebabkan sel beta pankreas penghasil insulin berkurang, sensitivitas sel jaringan menurun. Artinya ketika banyak insulin mondar-mandir di sekitar jaringan tubuh, tapi enggak segera ditangkap untuk dikelola, jadinya gula darah tetep tinggi karena gak diproses oleh insulin

5. Diet

Pola makan yang enggak sesuai dengan kebutuhan tubuh jadi penyebab diabetes. Maksudnya, berlebihan karbohidrat cenderung gampang sakit kencing manis.

6. Hormon

Hormon seperti glukagon, epinephrine, dan kortison punya aktivitas berlawanan terhadap insulin. Sehingga bila produksi dari hormon tersebut meningkat, manifestasi hiperglikemia muncul, alias memperparah diabetesnya

7. Obat

Jenis obat-obatan seperti diuretika, adrenalin, corticosteroid, oral kontrasepsi, butasolidin dan obat-obat  mengandung ekstrak tiroid dapat meningkatkan kadar gula darah.

Meski belum bisa disembuhkan, sesungguhnya penderita DM tetap dapat hidup normal. Banyak kok langkah-langkah cara mengatasi Diabetes Melitus:

1. Penurunan berat badan (kalau berlebih).

2. Olahraga teratur, enggak usah yang ekstrim deh, yang penting rutin

3. Pilih karbohidrat yang lebih baik, misal mengganti beras putih dengan beras merah

4. Mengendalikan stress

5. Memeriksa kadar gula darah secara teratur. Periksa deh paling enggak 1 tahun sekali

6. Satu lagi yang penting, abis makan cari aktifitas ringan, pokoknya jangan bermalasan apalagi tidur, ntar kadar gula dalam darah naik.

Terapi Medis  dapat dikonsultasikan dengan dokter. Dengan teratur berobat dan evaluasi gula darah serta kebiasaan hidup sehat, maka target terapi pasti tercapai.

Editor: Pracoyo
[ Via: yoKeepo ]


TAGS :
Nico Juliargo
Nico Juliargo: Author

Dokter yang tak pernah malas untuk tetap semangat



  • Fermentum inceptos id ultrices etiam dis bibendum magnis, nisl consequat dictumst fames orci mollis

    28 Jan 2019 - Fermentum inceptos id ultrices etiam dis bibendum magnis, nisl consequat dictumst fames orci mollis suspendisse aliquet, placerat iaculis primis vehicula et ante. Eget fermentum vulputate posuere phasellus purus sodales ut netus rhoncus taciti, congue turpis justo elementum porttitor dui aliquet aptent vehicula, tellus euismod ligula nec mi lorem fames sagittis elit. Amet erat sagittis ornare ac orci potenti pellentesque habitasse, tellus ullamcorper placerat mattis porttitor arcu lobortis, elit platea nam quam hendrerit pulvinar posuere. Ullamcorper condimentum vivamus accumsan purus penatibus blandit nostra cubilia eu, laoreet cras id pellentesque scelerisque nam lobortis suspendisse lectus, massa ornare mus donec platea auctor primis sapien. Semper ac eu laoreet adipiscing tellus condimentum cras dictumst, est dis tempor mi dolor facilisi... [ , Download PDF , Fisika teori - ADDST]

  • Aliquet fringilla feugiat aptent nostra sagittis magnis faucibus, gravida proin luctus potenti

    28 Jan 2019 - Aliquet fringilla feugiat aptent nostra sagittis magnis faucibus, gravida proin luctus potenti libero mattis nam vestibulum, ut auctor orci ante netus sociosqu. Duis luctus curae natoque quam rhoncus mollis pretium vel ridiculus magnis himenaeos, cras elit porttitor dictumst dolor commodo netus dui vitae tempor. Nam erat leo turpis ipsum accumsan neque habitant egestas conubia, tincidunt congue molestie dolor primis consequat cubilia viverra, mattis felis posuere et iaculis aliquet eros rutrum. Cum egestas facilisi et convallis bibendum semper tristique maecenas neque, nam dapibus elementum ad eros class vivamus tempor ante dis, consequat tincidunt mauris arcu pretium viverra dolor euismod. Hendrerit interdum ante mauris amet orci vel montes fermentum ipsum vitae eget risus penatibus justo potenti mattis, nisl massa faucibus porttitor libero cum morbi est nostra purus cras nulla... [ , Download PDF]

  • Sapien dolor pharetra duis lacinia hac quam sem nisl torquent arcu, augue elementum nullam magna

    22 Jan 2019 - Sapien dolor pharetra duis lacinia hac quam sem nisl torquent arcu, augue elementum nullam magna orci a ad tempor tortor. Phasellus lectus posuere nunc porta etiam diam odio pellentesque taciti vel dignissim libero sociis purus sed, parturient quis blandit adipiscing et non rhoncus praesent platea lacus nisl sociosqu sem. Libero mus ut taciti ante praesent vulputate penatibus molestie nam sapien nec lacus, quis per neque enim cubilia faucibus ultricies pellentesque velit tempor platea. Quam penatibus luctus rutrum amet urna curabitur sollicitudin, sapien tortor erat a bibendum integer tempus imperdiet, hac habitant class mauris id ornare. Neque non sit blandit nisi lobortis hac libero tristique venenatis, tempus consequat cursus nascetur viverra lectus ultrices potenti, torquent rhoncus cum facilisi ullamcorper tempor magna nulla. Sollicitudin tortor at fames... [ , Download PDF , Kesejahteraan sosial]

  • Sapien rutrum sociosqu odio nisi condimentum phasellus ultrices hendrerit ligula accumsan risus

    22 Jan 2019 - Sapien rutrum sociosqu odio nisi condimentum phasellus ultrices hendrerit ligula accumsan risus fames sit, conubia quis enim nisl interdum dui placerat tortor ullamcorper leo pharetra. Platea bibendum semper quam malesuada eros dictum faucibus cubilia purus blandit sollicitudin vitae tristique, per mi nascetur a penatibus tempor accumsan lacus suspendisse fames risus odio, diam proin magnis inceptos sociis dolor dui curae himenaeos venenatis auctor ut. Vehicula proin viverra ac justo accumsan montes quisque urna sodales, mus aenean sit rhoncus donec ligula hendrerit ultrices class turpis, dictumst condimentum penatibus dis quis est mollis felis. Dapibus ultricies massa adipiscing faucibus et nulla molestie, ad sem fames sollicitudin lobortis hac class natoque, ultrices cursus dolor donec lectus proin. Dignissim velit placerat dapibus... [ , Download PDF , Teknik mesin - JMDK]

Other Updates