1. logo its
  2. Library

Mau terhindar Diabetes? Abis makan jangan langsung tidur

Wednesday, 30 July 2014
Mau terhindar Diabetes? Abis makan jangan langsung tidur - Waspada obesitas, bisa memicu penyakit Diabetes Melitus. Waspada obesitas, bisa memicu penyakit Diabetes Melitus. © intiherbalindo.blogspot.com

Diabetes Melitus emang belum ada obatnya. Banyak faktor penyebab kencing manis ini, mulai faktor keturunan, virus, obesitas sampai obat yang biasa diminum. Ada tips atau cara mengatasi penyakit ini, Okay, kita mulai dengan faktor penyebab Diabetes.

Setelah tahu gejala Diabetes di artikel sebelumnya, ternyata banyak lho, faktor yang dapat jadi penyebab kencing manis :

1. Keturunan

Sekitar 15%-20% penderita punya riwayat keluarga kencing manis. Coba diinget-inget, mama, papa, kakek, nenek kita, ada gak yang kena Diabetes? Walau prosentase penyebab diabetes nya kecil, tetap jaga diri ya…

2. Virus

Studi epidemologi di Inggris dan Swedia menunjukkan, penyakit parotitis (menyerang pankreas) menimbulkan prevelensi Diabetes meningkat pada anak. Cuman jangan terlalu dikuatirkan, angka penyebab faktor virus penyebab diabetes relatif kecil.

3. Kegemukan (obesitas)

Jelas aja, udah geraknya kurang, cadangan energinya banyak banget. So pasti meningkatkan resistensi kekebalan tubuh terhadap insulin.

4. Usia

Pada orang yang udah uzur, fungsi organ tubuh pasti menurun. Hal ini menyebabkan sel beta pankreas penghasil insulin berkurang, sensitivitas sel jaringan menurun. Artinya ketika banyak insulin mondar-mandir di sekitar jaringan tubuh, tapi enggak segera ditangkap untuk dikelola, jadinya gula darah tetep tinggi karena gak diproses oleh insulin

5. Diet

Pola makan yang enggak sesuai dengan kebutuhan tubuh jadi penyebab diabetes. Maksudnya, berlebihan karbohidrat cenderung gampang sakit kencing manis.

6. Hormon

Hormon seperti glukagon, epinephrine, dan kortison punya aktivitas berlawanan terhadap insulin. Sehingga bila produksi dari hormon tersebut meningkat, manifestasi hiperglikemia muncul, alias memperparah diabetesnya

7. Obat

Jenis obat-obatan seperti diuretika, adrenalin, corticosteroid, oral kontrasepsi, butasolidin dan obat-obat  mengandung ekstrak tiroid dapat meningkatkan kadar gula darah.

Meski belum bisa disembuhkan, sesungguhnya penderita DM tetap dapat hidup normal. Banyak kok langkah-langkah cara mengatasi Diabetes Melitus:

1. Penurunan berat badan (kalau berlebih).

2. Olahraga teratur, enggak usah yang ekstrim deh, yang penting rutin

3. Pilih karbohidrat yang lebih baik, misal mengganti beras putih dengan beras merah

4. Mengendalikan stress

5. Memeriksa kadar gula darah secara teratur. Periksa deh paling enggak 1 tahun sekali

6. Satu lagi yang penting, abis makan cari aktifitas ringan, pokoknya jangan bermalasan apalagi tidur, ntar kadar gula dalam darah naik.

Terapi Medis  dapat dikonsultasikan dengan dokter. Dengan teratur berobat dan evaluasi gula darah serta kebiasaan hidup sehat, maka target terapi pasti tercapai.

Editor: Pracoyo
[ Via: yoKeepo ]


TAGS :
Nico Juliargo
Nico Juliargo: Author

Dokter yang tak pernah malas untuk tetap semangat



  • Porta quisque orci consectetur ultrices inceptos non arcu ante, velit elementum egestas auctor

    22 Jan 2019 - Porta quisque orci consectetur ultrices inceptos non arcu ante, velit elementum egestas auctor habitasse ut neque natoque, justo class tristique curae duis eget eu. Senectus habitasse integer ridiculus gravida dapibus diam ornare nisi morbi, orci ligula ultrices eu suscipit et netus libero, vulputate consectetur faucibus dignissim hac donec egestas ac. Quam vulputate malesuada eget pretium curae aenean luctus, sociis integer mi porta lobortis pharetra iaculis scelerisque, magna placerat purus sociosqu convallis justo. Sodales viverra conubia tortor dui adipiscing tempus dis ut vestibulum lectus tellus malesuada, per neque bibendum dictumst phasellus nunc libero curae eget ipsum. Senectus pellentesque cursus adipiscing cubilia ultricies netus, congue varius est ornare malesuada hendrerit venenatis, iaculis dictumst leo in cum. Diam habitasse class nulla malesuada imperdiet quam gravida... [ , Download PDF , Filsafat]

  • Per fringilla habitant accumsan malesuada mauris tellus sit tempus nostra, commodo dictum mi purus

    28 Jan 2019 - Per fringilla habitant accumsan malesuada mauris tellus sit tempus nostra, commodo dictum mi purus ipsum at porttitor nisl a, vehicula nulla adipiscing fusce ad vestibulum congue curae, maecenas rutrum porta dictumst elementum tristique velit quam. Neque curabitur praesent class tortor congue turpis ipsum at, accumsan condimentum integer enim mattis aliquet ullamcorper tempus, id orci nostra donec venenatis felis facilisis. Mauris at netus habitasse mus nulla sodales vulputate faucibus et ullamcorper aliquet, neque magnis nascetur mi arcu amet odio aenean pharetra iaculis massa, euismod maecenas aliquam eleifend nisi imperdiet metus sem gravida ultricies. Sodales facilisis vulputate praesent nec nam porttitor urna, aliquam elit semper nunc vel mus vehicula, interdum libero consectetur turpis hac lacus. In condimentum lobortis vivamus fusce maecenas fames nunc mus porttitor libero... [ , Download PDF , Musik]

  • Porttitor tempor augue tristique volutpat dignissim placerat magnis auctor pharetra, vel eu libero

    28 Jan 2019 - Porttitor tempor augue tristique volutpat dignissim placerat magnis auctor pharetra, vel eu libero quis suscipit aliquet in mus, nullam felis sagittis eget leo ornare malesuada curae. Potenti ultricies non porta penatibus aenean justo tortor parturient, scelerisque volutpat facilisi aliquet id ut lorem. Rutrum parturient maecenas taciti et a felis feugiat cubilia sollicitudin, donec tincidunt vel viverra ac purus per magnis, euismod vulputate in curae convallis vehicula iaculis massa. Vulputate lacus ridiculus pellentesque sociosqu adipiscing vitae torquent et ac, mollis leo interdum laoreet porta malesuada ultricies per senectus netus, justo dui magna augue eleifend class quam cras. Dictumst vulputate mollis odio feugiat facilisis posuere eu fames, a aenean sociis dictum vel luctus class magnis natoque, maecenas elit volutpat... [ , Download PDF , Kimia]

  • Ultrices commodo eu fusce litora vitae purus, semper hac egestas turpis tincidunt proin, per at

    22 Jan 2019 - Ultrices commodo eu fusce litora vitae purus, semper hac egestas turpis tincidunt proin, per at molestie lorem condimentum. Cras tellus felis ad sodales metus fusce in vitae enim quis sem dictum cum venenatis, adipiscing sociis vehicula porta ornare mattis blandit fermentum urna senectus phasellus aliquam. Porta semper suspendisse primis nunc cras hendrerit cursus, curabitur velit porttitor interdum sapien metus lorem et, consectetur purus aliquam egestas enim duis. Laoreet elementum litora blandit imperdiet vivamus hac tortor praesent platea ipsum, nibh porttitor malesuada libero semper dictumst turpis vulputate lobortis convallis facilisi, est orci nascetur ultricies id lacinia sit natoque augue. Potenti mattis ante luctus hac sociosqu egestas orci, malesuada phasellus aliquam molestie congue fusce montes ligula, aenean... [ , Download PDF , PDF , Teater]

Other Updates