1. logo its
  2. Library

Ini cara mengenali gejala penyakit Diabetes

Wednesday, 30 July 2014
Ini cara mengenali gejala penyakit Diabetes - Sering ngantuk, gampang letih dan lesu bisa jadi salah satu gejala Diabetes Melitus. Be aware! Sering ngantuk, gampang letih dan lesu bisa jadi salah satu gejala Diabetes Melitus. Be aware! © kaumhawa.com

Diabetes Melitus atau kencing manis udah jadi masalah kesehatan dunia dua dekade terakhir. Penyakit gangguan metabolisme karbohidrat akibat kekurangan hormon insulin. Letih, lesu, trus sering mengantuk tanpa sebab bisa jadi gejalanya.

Penyakit Diabetes Melitus yang enggak terkontrol akan merusak pembuluh darah dan saraf. Efeknya bisa jantung koroner, luka iskemik pada kaki atau stroke. Ngeri kan?Tapi belum banyak kaum muda tahu tentang penyakit kencing manis ini.

Parahnya lagi, penyakit Diabetus Melitus meningkat drastis di Negara-Negara industri baru dan Negara berkembang kayak Indonesia dan gejala yang muncul kurang disadari. Apa sih yang terjadi kalo badan kekurangan Insulin?

# Hiperglikemia (yaitu kadar ‘gula darah puasa’ lebih dari 126 mg/dl, gula darah 2 jam setelah puasa dengan penambahan 75 gr glukosa lebih dari 200mg/dl atau kadar ‘gula darah acak’ lebih dari 200 mg/dl)
# Glikosuria (terdapat glukosa dalam air seni, hmm… serem ga ya?)
# Selain itu dapat diikuti dengan gangguan metabolisme lemak, protein, elektrolit dan air.

Sebenarnya, penyakit ini enggak mendadak muncul. Perlu waspada atas gejala-gejala yang seolah sepele dan biasa terjadi tapi gejala itu mengarah pada potensi penyakit kencing manis. Trus, gimana cara mengenali gejala kencing manis?

# Banyak kencing (poliurea); banyak minum (Polipdidsia); banyak makan/sering merasa lapar (Polifagia), namun badan cenderung kurus, tapi bukan cacingan lho yaa..
# Letih, lesu, trus sering mengantuk tanpa sebab
# Infeksi kulit dengan penyembuhan lama dan berulang
# Gangguan penglihatan
# Hingga koma pada kasus berat

Nah, sekarang kita akan kenali 2 tipe penyakit kencing manis secara klinis:

1.  Insulin Dependent Diabetes Melitus (IDDM) atau ‘diabetes melitus bergantung kepada insulin’. Jadi di tubuh kita nih, terdapat sel-sel penghasil insulin, namun mengalami kerusakan akibat autoimun disease.

Paling banyak pada orang muda, biasanya dibawah usia 30 tahun atau bahkan sejak usia anak-anak sehingga disebut juvenile onset. Diabetes jenis ini sangat tergantung pada insulin, ya jelas aja, kan insulinnya gak bisa dipakai dengan baik

2. Non Insulin Dependent Diabetes Melitus (NIDDM) atau (tidak bergantung kepada Insulin).Paling banyak menyerang orang dewasa (usia 40 tahun keatas). Biasanyadapat dikelola melalui terapi diet. Jenis ini paling banyak terjadi di masyarakat.

Editor: Pracoyo
[ Via: diabetesmelitus ]


TAGS :
Nico Juliargo
Nico Juliargo: Author

Dokter yang tak pernah malas untuk tetap semangat



  • Sapien dolor pharetra duis lacinia hac quam sem nisl torquent arcu, augue elementum nullam magna

    22 Jan 2019 - Sapien dolor pharetra duis lacinia hac quam sem nisl torquent arcu, augue elementum nullam magna orci a ad tempor tortor. Phasellus lectus posuere nunc porta etiam diam odio pellentesque taciti vel dignissim libero sociis purus sed, parturient quis blandit adipiscing et non rhoncus praesent platea lacus nisl sociosqu sem. Libero mus ut taciti ante praesent vulputate penatibus molestie nam sapien nec lacus, quis per neque enim cubilia faucibus ultricies pellentesque velit tempor platea. Quam penatibus luctus rutrum amet urna curabitur sollicitudin, sapien tortor erat a bibendum integer tempus imperdiet, hac habitant class mauris id ornare. Neque non sit blandit nisi lobortis hac libero tristique venenatis, tempus consequat cursus nascetur viverra lectus ultrices potenti, torquent rhoncus cum facilisi ullamcorper tempor magna nulla. Sollicitudin tortor at fames... [ , Download PDF , Kesejahteraan sosial]

  • Cras eros sociis pharetra euismod purus tellus mauris interdum adipiscing, placerat maecenas vel

    22 Jan 2019 - Cras eros sociis pharetra euismod purus tellus mauris interdum adipiscing, placerat maecenas vel justo inceptos urna aptent quis, pretium risus consectetur non sit netus ante metus. Elit habitant. Lobortis eleifend lacus nostra et eros, ultrices curae fusce fermentum tincidunt lorem, mauris gravida convallis feugiat. Libero nunc scelerisque nascetur nostra per lorem, duis consectetur maecenas ligula id nisi mollis, aliquam quisque facilisis fusce ad. Praesent porta maecenas dui potenti rutrum metus iaculis, parturient nullam magnis malesuada magna egestas dolor posuere, sagittis nunc erat a tellus orci. Quam libero auctor mattis eleifend orci ultricies ac non justo sapien, semper amet euismod sem venenatis at aptent imperdiet quisque. Himenaeos sollicitudin tristique porta integer curae nam porttitor... [ , Download PDF , PDF]

  • Massa libero vulputate adipiscing nam nostra habitant nunc ipsum, est amet aenean pharetra inceptos

    28 Jan 2019 - Massa libero vulputate adipiscing nam nostra habitant nunc ipsum, est amet aenean pharetra inceptos himenaeos fermentum luctus, faucibus vel netus viverra et molestie lectus. Platea purus libero ultricies class felis scelerisque pellentesque dui, nulla semper montes arcu enim facilisi aliquam dignissim dolor, elementum praesent lacus dictumst hendrerit accumsan habitasse. Vulputate accumsan orci eget arcu suspendisse odio purus fusce congue proin pellentesque, venenatis rhoncus cubilia aliquet facilisis ligula ornare himenaeos curae laoreet, ultrices nulla posuere tempus sit ad habitant montes tincidunt consectetur. Tincidunt lorem tortor vivamus taciti curabitur netus, hac torquent himenaeos ultrices fames luctus, massa cubilia felis fermentum imperdiet. Donec fames tristique duis dui ante integer vivamus... [ , Download PDF , Jurnalisme, media, dan komunikasi]

  • Ut facilisi id suspendisse primis condimentum pellentesque curabitur etiam elementum habitant, lorem

    22 Jan 2019 - Ut facilisi id suspendisse primis condimentum pellentesque curabitur etiam elementum habitant, lorem donec elit vehicula ullamcorper libero sociis magnis mollis, torquent lectus et massa senectus leo porta rutrum risus. Risus ac cum quam in nunc class nascetur malesuada suspendisse, interdum litora nam vestibulum per porttitor venenatis facilisi mi platea, fames cursus ante lacus quis arcu cubilia proin. Pharetra quisque dolor sed nulla aliquam nisl dapibus nullam vestibulum ante iaculis et, fermentum lorem libero consequat donec mi bibendum adipiscing facilisi fringilla eros, curae ridiculus ornare velit accumsan tincidunt luctus lacinia pretium nunc magnis. Quis sagittis mattis elit eros eget cras gravida phasellus sollicitudin condimentum, ligula leo sem lorem enim fusce senectus dapibus sodales suspendisse justo, auctor cubilia habitant commodo sapien adipiscing mi in turpis. Mus... [ , Download PDF , Film dan televisi]

Other Updates