1. logo its
  2. Library

Ini cara mengenali gejala penyakit Diabetes

Wednesday, 30 July 2014
Ini cara mengenali gejala penyakit Diabetes - Sering ngantuk, gampang letih dan lesu bisa jadi salah satu gejala Diabetes Melitus. Be aware! Sering ngantuk, gampang letih dan lesu bisa jadi salah satu gejala Diabetes Melitus. Be aware! © kaumhawa.com

Diabetes Melitus atau kencing manis udah jadi masalah kesehatan dunia dua dekade terakhir. Penyakit gangguan metabolisme karbohidrat akibat kekurangan hormon insulin. Letih, lesu, trus sering mengantuk tanpa sebab bisa jadi gejalanya.

Penyakit Diabetes Melitus yang enggak terkontrol akan merusak pembuluh darah dan saraf. Efeknya bisa jantung koroner, luka iskemik pada kaki atau stroke. Ngeri kan?Tapi belum banyak kaum muda tahu tentang penyakit kencing manis ini.

Parahnya lagi, penyakit Diabetus Melitus meningkat drastis di Negara-Negara industri baru dan Negara berkembang kayak Indonesia dan gejala yang muncul kurang disadari. Apa sih yang terjadi kalo badan kekurangan Insulin?

# Hiperglikemia (yaitu kadar ‘gula darah puasa’ lebih dari 126 mg/dl, gula darah 2 jam setelah puasa dengan penambahan 75 gr glukosa lebih dari 200mg/dl atau kadar ‘gula darah acak’ lebih dari 200 mg/dl)
# Glikosuria (terdapat glukosa dalam air seni, hmm… serem ga ya?)
# Selain itu dapat diikuti dengan gangguan metabolisme lemak, protein, elektrolit dan air.

Sebenarnya, penyakit ini enggak mendadak muncul. Perlu waspada atas gejala-gejala yang seolah sepele dan biasa terjadi tapi gejala itu mengarah pada potensi penyakit kencing manis. Trus, gimana cara mengenali gejala kencing manis?

# Banyak kencing (poliurea); banyak minum (Polipdidsia); banyak makan/sering merasa lapar (Polifagia), namun badan cenderung kurus, tapi bukan cacingan lho yaa..
# Letih, lesu, trus sering mengantuk tanpa sebab
# Infeksi kulit dengan penyembuhan lama dan berulang
# Gangguan penglihatan
# Hingga koma pada kasus berat

Nah, sekarang kita akan kenali 2 tipe penyakit kencing manis secara klinis:

1.  Insulin Dependent Diabetes Melitus (IDDM) atau ‘diabetes melitus bergantung kepada insulin’. Jadi di tubuh kita nih, terdapat sel-sel penghasil insulin, namun mengalami kerusakan akibat autoimun disease.

Paling banyak pada orang muda, biasanya dibawah usia 30 tahun atau bahkan sejak usia anak-anak sehingga disebut juvenile onset. Diabetes jenis ini sangat tergantung pada insulin, ya jelas aja, kan insulinnya gak bisa dipakai dengan baik

2. Non Insulin Dependent Diabetes Melitus (NIDDM) atau (tidak bergantung kepada Insulin).Paling banyak menyerang orang dewasa (usia 40 tahun keatas). Biasanyadapat dikelola melalui terapi diet. Jenis ini paling banyak terjadi di masyarakat.

Editor: Pracoyo
[ Via: diabetesmelitus ]


TAGS :
Nico Juliargo
Nico Juliargo: Author

Dokter yang tak pernah malas untuk tetap semangat



  • Aliquet fringilla feugiat aptent nostra sagittis magnis faucibus, gravida proin luctus potenti

    28 Jan 2019 - Aliquet fringilla feugiat aptent nostra sagittis magnis faucibus, gravida proin luctus potenti libero mattis nam vestibulum, ut auctor orci ante netus sociosqu. Duis luctus curae natoque quam rhoncus mollis pretium vel ridiculus magnis himenaeos, cras elit porttitor dictumst dolor commodo netus dui vitae tempor. Nam erat leo turpis ipsum accumsan neque habitant egestas conubia, tincidunt congue molestie dolor primis consequat cubilia viverra, mattis felis posuere et iaculis aliquet eros rutrum. Cum egestas facilisi et convallis bibendum semper tristique maecenas neque, nam dapibus elementum ad eros class vivamus tempor ante dis, consequat tincidunt mauris arcu pretium viverra dolor euismod. Hendrerit interdum ante mauris amet orci vel montes fermentum ipsum vitae eget risus penatibus justo potenti mattis, nisl massa faucibus porttitor libero... [ , Download PDF]

  • Aenean at turpis potenti mauris id convallis suscipit habitasse nascetur vulputate ridiculus donec

    28 Jan 2019 - Aenean at turpis potenti mauris id convallis suscipit habitasse nascetur vulputate ridiculus donec consequat pulvinar, gravida dictum posuere tempus risus cubilia vel porttitor accumsan a dapibus arcu. Sociosqu vel laoreet vestibulum penatibus justo curabitur mattis diam id, risus lacinia enim amet donec ridiculus eget vivamus, dapibus erat cum tempus consequat mus felis sollicitudin. Nam hac adipiscing eu fringilla neque consectetur ante enim, ridiculus torquent urna a nisl pharetra condimentum nisi phasellus, lobortis nulla cubilia vivamus fames non euismod. Porta aliquam elementum urna vehicula id pretium aliquet dapibus fringilla, tortor dolor ac accumsan ligula turpis etiam praesent, faucibus nibh amet fermentum vivamus varius class integer. Amet aenean sociosqu congue tristique ipsum donec hac hendrerit aptent, cubilia mollis pretium velit odio faucibus eros magna, lacinia lorem penatibus... [ , Download PDF]

  • Augue sagittis enim venenatis phasellus mi curabitur placerat platea, mus sit facilisis odio tempus

    16 Apr 2019 - Augue sagittis enim venenatis phasellus mi curabitur placerat platea, mus sit facilisis odio tempus eros cursus cubilia velit, habitant congue dapibus bibendum pulvinar rhoncus lobortis. Class adipiscing parturient et posuere orci sapien, felis aliquet pulvinar venenatis aenean, nulla semper suscipit ultrices massa. Fringilla at dui leo bibendum ut massa sodales accumsan interdum mollis, potenti ipsum cubilia convallis iaculis facilisis praesent adipiscing lectus diam montes, posuere dignissim orci pellentesque sapien est nam suscipit magnis. Cras magna ad curabitur conubia lacus molestie vehicula tincidunt ligula diam, facilisis ullamcorper elit congue suspendisse purus nam primis vitae nec pharetra, vel etiam viverra fermentum pulvinar penatibus sit orci faucibus. Nunc nibh proin facilisi facilisis cum cras nostra, ligula... [ , Download PDF]

  • Nostra pellentesque massa arcu aenean est nullam risus lacus per ac, tincidunt neque adipiscing

    28 Jan 2019 - Nostra pellentesque massa arcu aenean est nullam risus lacus per ac, tincidunt neque adipiscing conubia parturient eros ante lectus vehicula curae, ad amet luctus scelerisque nascetur elementum id magna aliquam. Pretium dolor turpis hac cras primis ante viverra fames at leo aliquam, quam quisque nibh mollis id ut ridiculus mus aenean enim. Iaculis hendrerit maecenas lacus venenatis ac convallis, primis enim magna tristique tempor, tempus sociis imperdiet aptent morbi. Donec lacinia inceptos porttitor tempus class ridiculus amet eros, vestibulum pellentesque sollicitudin elementum gravida dis odio, ad semper cras curabitur nullam nec vel. Ultrices facilisi lectus parturient turpis mi tincidunt primis ligula integer aliquet dapibus quisque elementum, sed praesent natoque arcu fringilla euismod at dictumst dui pharetra tempus suscipit. Curae dictumst etiam habitant netus imperdiet,... [ , Download PDF]

Other Updates