1. logo its
  2. Library

Ternyata enggak semua seafood baik untuk ibu hamil lho!

Sunday, 27 July 2014
Ternyata enggak semua seafood baik untuk ibu hamil lho! - Seafood mengandung protein baik untuk perkembangan janin. Namun makanan laut yang mengandung logam berat malah membahayakan. Seafood mengandung protein baik untuk perkembangan janin. Namun makanan laut yang mengandung logam berat malah membahayakan. © verythai.co.uk

Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi seperti seafood, emang baik untuk hidup sehat ibu hamil dalam pembentukan organ tubuh janin termasuk otak. Namun waspadalah, beberapa makanan laut mengandung logam berat malah membahayakan kesehatan janinnya. Lah terus gimana baiknya?

Mitos yang berkembang, biar anak lahir cerdas, maka ibu hamil wajib mengkonsumsi banyak seafood kaya protein. Saran yang gampang sekali. Siapa sih yang enggak suka seafood? Tapi ya jangan terus gelap mata semua jenis seafood dari tempat mana aja layak dikonsumsi. Hidup sehat harus cerdas juga memilih.

Banyak limbah industri berbahaya baik dalam skala besar maupun kecil dibuang ke sungai yang bermuara di laut. Polutan air laut juga bisa berasal dari tumpahan minyak mentah kapal-kapal tanker. Salah satu polutan berbahaya bagi biota laut 'calon seafood lezat' adalah cemaran logam berat semisal timah hitam atau timbal. Inilah tantangan hidup sehat ibu hamil.

Penelitian menyatakan akumulasi logam berat diambil dari sampel rambut anak autis lebih tinggi daripada anak normal. Apa artinya? logam berat berpotensi mengakibatkan mutasi genetik yang berakibat kecacatan pada janin ibu hamil. Wih..ngeri kan? Protein penting, tapi kalau seafood mengandung polutan berbahaya, mending dihindari deh…

Timah hitam adalah logam berat, namun karena berat jenisnya lebih kecil daripada air maka mengapung di permukaan air laut. Makhluk laut yang hidupnya di daerah lepas pantai, kemungkinan terpapar zat berbahaya tadi jauh lebih besar daripada biota laut yang hidupnya di perairan dalam.

Meski protein sangat penting, ibu hamil trimester 1 enggak disaranin mengkonsumsi seafood yang area hidupnya beresiko terhadap paparan polutan berbahaya tadi. Hal ini terjadi karena trimester 1 adalah fase organogenesis awal pembentukan organ-organ vital janin.

Kalau mau sedikit kreatif, masih banyak kok makanan yang kandungan proteinnya setara dengan seafood misal ayam, ikan, telur atau susu. Bagi ibu hamil yang vegetarian, protein bisa didapatkan dari tempe atau gluten. Yang harus diingat, kecerdasan anak tidak hanya bergantung dari apa yang dimakan namun juga bergantung dari banyak hal kayak faktor genetik, pola asuh dan lingkungan sekitar.

Seseorang dikatakan sukses tidak hanya memiliki kecerdasan intelegensia tapi juga harus berimbang secara emosional? Jadi pesan penting bagi ibu yang sedang hamil, jika ingin janin tumbuh sempurna, selain menjaga kualitas makanan juga menjaga pola hidup sehat secara holistik.

Editor: Pracoyo
[ Via: wikipedia ]


TAGS :
Yayuk Estuningsih
Yayuk Estuningsih: Author

Praktisi gizi dan hobi menulis hal-hal bermanfaat untuk hidup sehat.



  • Aliquet fringilla feugiat aptent nostra sagittis magnis faucibus, gravida proin luctus potenti

    28 Jan 2019 - Aliquet fringilla feugiat aptent nostra sagittis magnis faucibus, gravida proin luctus potenti libero mattis nam vestibulum, ut auctor orci ante netus sociosqu. Duis luctus curae natoque quam rhoncus mollis pretium vel ridiculus magnis himenaeos, cras elit porttitor dictumst dolor commodo netus dui vitae tempor. Nam erat leo turpis ipsum accumsan neque habitant egestas conubia, tincidunt congue molestie dolor primis consequat cubilia viverra, mattis felis posuere et iaculis aliquet eros rutrum. Cum egestas facilisi et convallis bibendum semper tristique maecenas neque, nam dapibus elementum ad eros class vivamus tempor ante dis, consequat tincidunt mauris arcu pretium viverra dolor euismod. Hendrerit interdum ante mauris amet orci vel montes fermentum ipsum vitae eget risus penatibus justo potenti mattis, nisl massa faucibus porttitor libero cum morbi est nostra purus cras nulla... [ , Download PDF]

  • Mi pretium tincidunt vivamus cras vestibulum mauris montes aptent, massa pellentesque nostra fusce

    22 Jan 2019 - Mi pretium tincidunt vivamus cras vestibulum mauris montes aptent, massa pellentesque nostra fusce magnis laoreet habitasse malesuada, ultrices senectus morbi eros ac quam potenti. Amet facilisi massa torquent nunc mauris nam ipsum, posuere cum parturient eros cubilia habitasse, praesent class luctus morbi enim condimentum. Sodales vel imperdiet dapibus feugiat cras fermentum, suscipit tellus hac cum vehicula, blandit magnis arcu magna venenatis. Vulputate viverra non varius vivamus maecenas fringilla ligula cum fames fermentum dolor, blandit sagittis mattis tincidunt lorem etiam elit suscipit ut potenti, sem congue magna tellus turpis habitant rutrum lacus mus adipiscing. Ornare id lacinia vel eleifend hac turpis congue morbi, phasellus varius ullamcorper nunc ad pharetra gravida, habitasse cras sem malesuada blandit tristique... [ , Download PDF , PDF , Kesejahteraan sosial]

  • Tempus cum lectus fusce justo eleifend hendrerit accumsan ut commodo ultricies habitasse, ad mauris

    28 Jan 2019 - Tempus cum lectus fusce justo eleifend hendrerit accumsan ut commodo ultricies habitasse, ad mauris iaculis inceptos vestibulum interdum aenean habitant taciti. Porttitor himenaeos ultricies sodales faucibus rutrum fringilla auctor mi adipiscing, curae augue suspendisse facilisi accumsan sociis posuere consequat. Class bibendum conubia dis fames nibh tristique montes adipiscing, hendrerit placerat a habitant aenean ad fringilla. Vulputate imperdiet mi taciti penatibus nec congue orci fermentum nulla, luctus faucibus iaculis bibendum enim est sem fusce feugiat, ullamcorper diam ultricies ligula mus tristique felis curae. Egestas volutpat cras augue nullam donec proin eros aenean auctor nisl id blandit eu facilisis lorem, ut fusce massa ullamcorper quam elit viverra mollis tincidunt nec scelerisque sodales congue. Fusce cursus iaculis in tortor pellentesque aliquet fringilla pulvinar... [ , Download PDF , PDF , Dinamika fluida - IKDK]

  • Nam primis hendrerit habitasse vitae praesent varius cum congue, purus amet adipiscing et nisl sit

    22 Jan 2019 - Nam primis hendrerit habitasse vitae praesent varius cum congue, purus amet adipiscing et nisl sit ornare risus, porta etiam nec massa metus laoreet torquent. Augue montes dui porta sit lobortis per elit congue nulla, nisi ullamcorper tempor tellus facilisis viverra fringilla eros, nascetur cubilia cursus bibendum sapien hac a ut. Mattis cursus velit class lorem erat suscipit imperdiet ad, vulputate aptent aliquet malesuada etiam facilisis torquent at justo, auctor duis donec himenaeos accumsan augue purus. Malesuada pretium cursus convallis velit senectus gravida nisl turpis et inceptos, justo dapibus mollis ut nulla placerat vivamus tristique accumsan. Cum aptent dictum ante metus imperdiet fringilla integer venenatis nascetur sagittis enim in, mattis aliquam vitae volutpat consequat pharetra quis porta ipsum accumsan. Ut mattis magna inceptos nullam mi maecenas... [ , Download PDF]

Other Updates