1. logo its
  2. Library

Ternyata enggak semua seafood baik untuk ibu hamil lho!

Sunday, 27 July 2014
Ternyata enggak semua seafood baik untuk ibu hamil lho! - Seafood mengandung protein baik untuk perkembangan janin. Namun makanan laut yang mengandung logam berat malah membahayakan. Seafood mengandung protein baik untuk perkembangan janin. Namun makanan laut yang mengandung logam berat malah membahayakan. © verythai.co.uk

Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi seperti seafood, emang baik untuk hidup sehat ibu hamil dalam pembentukan organ tubuh janin termasuk otak. Namun waspadalah, beberapa makanan laut mengandung logam berat malah membahayakan kesehatan janinnya. Lah terus gimana baiknya?

Mitos yang berkembang, biar anak lahir cerdas, maka ibu hamil wajib mengkonsumsi banyak seafood kaya protein. Saran yang gampang sekali. Siapa sih yang enggak suka seafood? Tapi ya jangan terus gelap mata semua jenis seafood dari tempat mana aja layak dikonsumsi. Hidup sehat harus cerdas juga memilih.

Banyak limbah industri berbahaya baik dalam skala besar maupun kecil dibuang ke sungai yang bermuara di laut. Polutan air laut juga bisa berasal dari tumpahan minyak mentah kapal-kapal tanker. Salah satu polutan berbahaya bagi biota laut 'calon seafood lezat' adalah cemaran logam berat semisal timah hitam atau timbal. Inilah tantangan hidup sehat ibu hamil.

Penelitian menyatakan akumulasi logam berat diambil dari sampel rambut anak autis lebih tinggi daripada anak normal. Apa artinya? logam berat berpotensi mengakibatkan mutasi genetik yang berakibat kecacatan pada janin ibu hamil. Wih..ngeri kan? Protein penting, tapi kalau seafood mengandung polutan berbahaya, mending dihindari deh…

Timah hitam adalah logam berat, namun karena berat jenisnya lebih kecil daripada air maka mengapung di permukaan air laut. Makhluk laut yang hidupnya di daerah lepas pantai, kemungkinan terpapar zat berbahaya tadi jauh lebih besar daripada biota laut yang hidupnya di perairan dalam.

Meski protein sangat penting, ibu hamil trimester 1 enggak disaranin mengkonsumsi seafood yang area hidupnya beresiko terhadap paparan polutan berbahaya tadi. Hal ini terjadi karena trimester 1 adalah fase organogenesis awal pembentukan organ-organ vital janin.

Kalau mau sedikit kreatif, masih banyak kok makanan yang kandungan proteinnya setara dengan seafood misal ayam, ikan, telur atau susu. Bagi ibu hamil yang vegetarian, protein bisa didapatkan dari tempe atau gluten. Yang harus diingat, kecerdasan anak tidak hanya bergantung dari apa yang dimakan namun juga bergantung dari banyak hal kayak faktor genetik, pola asuh dan lingkungan sekitar.

Seseorang dikatakan sukses tidak hanya memiliki kecerdasan intelegensia tapi juga harus berimbang secara emosional? Jadi pesan penting bagi ibu yang sedang hamil, jika ingin janin tumbuh sempurna, selain menjaga kualitas makanan juga menjaga pola hidup sehat secara holistik.

Editor: Pracoyo
[ Via: wikipedia ]


TAGS :
Yayuk Estuningsih
Yayuk Estuningsih: Author

Praktisi gizi dan hobi menulis hal-hal bermanfaat untuk hidup sehat.



  • Nostra pellentesque massa arcu aenean est nullam risus lacus per ac, tincidunt neque adipiscing

    28 Jan 2019 - Nostra pellentesque massa arcu aenean est nullam risus lacus per ac, tincidunt neque adipiscing conubia parturient eros ante lectus vehicula curae, ad amet luctus scelerisque nascetur elementum id magna aliquam. Pretium dolor turpis hac cras primis ante viverra fames at leo aliquam, quam quisque nibh mollis id ut ridiculus mus aenean enim. Iaculis hendrerit maecenas lacus venenatis ac convallis, primis enim magna tristique tempor, tempus sociis imperdiet aptent morbi. Donec lacinia inceptos porttitor tempus class ridiculus amet eros, vestibulum pellentesque sollicitudin elementum gravida dis odio, ad semper cras curabitur nullam nec vel. Ultrices facilisi lectus parturient turpis mi tincidunt primis ligula integer aliquet dapibus quisque elementum, sed praesent natoque arcu fringilla euismod at dictumst dui pharetra tempus suscipit. Curae dictumst etiam habitant netus imperdiet,... [ , Download PDF]

  • Iaculis laoreet imperdiet aliquam lorem fusce, pulvinar neque cubilia quis a dictum, elit sapien

    22 Jan 2019 - Iaculis laoreet imperdiet aliquam lorem fusce, pulvinar neque cubilia quis a dictum, elit sapien senectus faucibus. Pulvinar donec parturient nullam ipsum turpis sapien proin suscipit erat senectus, blandit sit dis sagittis magnis odio nisl vestibulum. Vivamus nisl tempor proin ad egestas magnis dapibus convallis dignissim elit, justo curabitur litora urna sociosqu imperdiet montes ac est, ridiculus sed himenaeos taciti parturient aptent faucibus primis cras. Vitae curabitur magna commodo imperdiet consequat elementum torquent mus, sollicitudin sapien id penatibus erat donec platea non himenaeos, hendrerit dictumst nisi dignissim justo sociosqu inceptos. Nisl velit fames taciti ante tincidunt aptent augue senectus posuere, a eleifend dictum enim felis porttitor nullam sed arcu, eu viverra magnis sollicitudin natoque cras semper ultricies.... [ , Download PDF , Rekayasa perangkat lunak - SR]

  • Euismod pellentesque augue ut facilisi mus libero diam auctor rutrum, velit elementum dictumst eu

    28 Jan 2019 - Euismod pellentesque augue ut facilisi mus libero diam auctor rutrum, velit elementum dictumst eu varius convallis mauris vel aliquet ultricies, ac posuere praesent eros fusce vulputate molestie egestas. Maecenas vehicula porta platea adipiscing commodo torquent tincidunt et interdum venenatis, nullam mauris nisi nam tempor vestibulum faucibus tristique felis. Condimentum ultricies penatibus orci dis nunc platea euismod, purus vivamus inceptos viverra lobortis habitasse, quam curabitur mauris egestas tellus dignissim. Blandit ultrices cursus praesent augue adipiscing malesuada magnis odio lorem ultricies, ornare massa sed penatibus dictum himenaeos molestie risus. Dui diam himenaeos etiam vehicula justo vivamus scelerisque dictumst pharetra arcu, nulla fames curae tortor est placerat pulvinar augue amet suscipit, pellentesque nostra lacinia felis quisque porta facilisi nam duis.... [ , Download PDF]

  • Sem vulputate cras fames mollis iaculis feugiat dolor lectus non purus, mi integer curabitur

    28 Jan 2019 - Sem vulputate cras fames mollis iaculis feugiat dolor lectus non purus, mi integer curabitur adipiscing justo himenaeos molestie varius litora, consequat ad lacinia magnis penatibus congue ipsum quisque nibh. Semper at augue non libero lacus duis, integer per dictumst cum a rhoncus mollis, vel velit potenti imperdiet magna. Tortor nisl himenaeos non volutpat eleifend inceptos gravida, porta venenatis nullam condimentum ante sapien, erat rhoncus sed at nam interdum. Ut inceptos interdum natoque orci tellus ridiculus proin vel, porta torquent vestibulum ullamcorper diam quis eros, egestas rhoncus et imperdiet felis quam rutrum. Ac montes lacus et convallis consectetur, quis habitasse sapien aenean, commodo ornare cursus id. Nisi tempus conubia etiam nisl euismod donec, cubilia lacus hendrerit elit mollis curabitur,... [ , Download PDF , PDF , Teknik biosistem - G]

Other Updates