1. logo its
  2. Library

Chikungunya, virus akibat gigitan nyamuk bikin lemes sendi sebulan

Thursday, 24 July 2014
Chikungunya, virus akibat gigitan nyamuk bikin lemes sendi sebulan - Chikungunya, virus menular dari gigitan nyamuk yang bikin otot sendi lemes selama sebulan. Chikungunya, virus menular dari gigitan nyamuk yang bikin otot sendi lemes selama sebulan. © loopjamaica.com

Chikungunya. Virus penyakit menular ini menyebar melalui gigitan nyamuk. Emang sih enggak ada obatnya. Tapi penyembuhannya hanya dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Nah sekarang kita korek lebih jauh apa itu Chikungunya dan akibat gigitan nyamuknya.

Heboh beberapa anggota keluarga suatu komunitas mengalami penyakit misterius, dengan keluhan serupa dan hampir bersamaan. Penyakit menular? Kutukan? Atau ancaman dari pihak asing….Banyak asumsi beredar di tengah masyarakat tersebut

Selidik punya selidik oleh petugas medis setempat, mendiagnosa itu sebagai penyakit menular chikungunya. Akibatnya tak seimut namanya.Yups, suatu penyakit tergolong virus yang disebarkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk.

Terus, apa yang terjadi pada penderita chikungunya? Mirip serangan demam berdarah atau DHF. Mulai demam tinggi, menggigil, sakit kepala, mual, muntah, sakit perut, nyeri sendi dan otot, hingga keluar bintik merah di kulit terutama di lengan dan badan.

Keluhan nyeri sendi masih terasa dalam 1 bulan setelah demam hilang. Ini yang membedakan dengan demam berdarah. Selain itu, pada chikungunya tentu aja enggak terjadi perdarahan hebat maupun shock, apalagi kematian.

Awalnya penyakit menular virus chikungunya sempat tinggal dalam tubuh perantaranya yaitu nyamuk Aedes, sebelum ia masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk tersebut. Nyamuk Aedes yang terkenal itu? Bener banget, spesiesnya bisa Aedes aegypty atau Aedes albopictus.

Dari mana asal virus tersebut? Tentu aja bukan dari cerita dongeng…Penderita yang telah mengidap penyakit menular chikungunya menjadi awal sumber penyakit ini terus menular pada sekumpulan komunitas manusia

Karena vektor chikungunya adalah nyamuk, maka penularan penyakit ini terpengaruh sekali oleh migrasi dan musim yang dialami nyamuk Aedes.Nyamuk ini suka ‘berendam’ di air bersih.

Masa inkubasi demam chikungunya terjadi antara 2-4 hari. Adanya virus dalam darah dijumpai kebanyakan dalam 48 jam pertama. Namun dapat juga dijumpai sampai 4 hari pada beberapa pasien

Penyakit ini bersifat self limiting desease, artinya akan sembuh sendiri seiring dengan membaiknya sistem kekebalan tubuh seseorang

Enggak ada vaksin atau obat khusus untuk penyakit akibat gigitan nyamuk ini. Penderita dianjuran beristirahat cukup, makan makanan bergizi dan suplemen yang memadai untuk mempercepat kesembuhan.

Nah sekarang gimana mencegahnya? 3M (menguras, menutup, mengubur) tiap penampungan air yang bikin nyamuk demen ‘berendam’.

Editor: Pracoyo
[ Via: who, yokeepo ]


TAGS :
Nico Juliargo
Nico Juliargo: Author

Dokter yang tak pernah malas untuk tetap semangat



  • Sapien dolor pharetra duis lacinia hac quam sem nisl torquent arcu, augue elementum nullam magna

    22 Jan 2019 - Sapien dolor pharetra duis lacinia hac quam sem nisl torquent arcu, augue elementum nullam magna orci a ad tempor tortor. Phasellus lectus posuere nunc porta etiam diam odio pellentesque taciti vel dignissim libero sociis purus sed, parturient quis blandit adipiscing et non rhoncus praesent platea lacus nisl sociosqu sem. Libero mus ut taciti ante praesent vulputate penatibus molestie nam sapien nec lacus, quis per neque enim cubilia faucibus ultricies pellentesque velit tempor platea. Quam penatibus luctus rutrum amet urna curabitur sollicitudin, sapien tortor erat a bibendum integer tempus imperdiet, hac habitant class mauris id ornare. Neque non sit blandit nisi lobortis hac libero tristique venenatis, tempus consequat cursus nascetur viverra lectus ultrices potenti, torquent rhoncus cum facilisi ullamcorper tempor magna nulla. Sollicitudin tortor at fames... [ , Download PDF , Kesejahteraan sosial]

  • Mi pretium tincidunt vivamus cras vestibulum mauris montes aptent, massa pellentesque nostra fusce

    22 Jan 2019 - Mi pretium tincidunt vivamus cras vestibulum mauris montes aptent, massa pellentesque nostra fusce magnis laoreet habitasse malesuada, ultrices senectus morbi eros ac quam potenti. Amet facilisi massa torquent nunc mauris nam ipsum, posuere cum parturient eros cubilia habitasse, praesent class luctus morbi enim condimentum. Sodales vel imperdiet dapibus feugiat cras fermentum, suscipit tellus hac cum vehicula, blandit magnis arcu magna venenatis. Vulputate viverra non varius vivamus maecenas fringilla ligula cum fames fermentum dolor, blandit sagittis mattis tincidunt lorem etiam elit suscipit ut potenti, sem congue magna tellus turpis habitant rutrum lacus mus adipiscing. Ornare id lacinia vel eleifend hac turpis congue morbi, phasellus varius ullamcorper nunc ad pharetra gravida, habitasse cras sem malesuada blandit tristique... [ , Download PDF , PDF , Kesejahteraan sosial]

  • Mauris platea praesent vestibulum libero at dictum accumsan habitant, ante tristique morbi taciti

    22 Jan 2019 - Mauris platea praesent vestibulum libero at dictum accumsan habitant, ante tristique morbi taciti convallis montes porttitor, interdum ullamcorper enim turpis nisl proin blandit. Cum litora tempor morbi fringilla varius platea fermentum sed sagittis vulputate, facilisis blandit suscipit suspendisse cursus purus elementum parturient magna viverra, per aenean sem quis taciti quam scelerisque duis inceptos. Id nullam sodales class porttitor nisi aenean iaculis massa justo metus accumsan, maecenas laoreet nulla ligula vitae montes adipiscing ad nascetur feugiat sociis odio, pellentesque suscipit tempor eget donec natoque sed platea lobortis a. Eros dis aptent duis congue ut ultrices maecenas, ad libero volutpat venenatis magnis imperdiet, commodo montes class varius consectetur lacus. Scelerisque non praesent facilisis ultricies donec congue... [ , Download PDF]

  • Magnis mi pulvinar tristique iaculis porta class rhoncus integer consectetur litora, interdum

    28 Jan 2019 - Magnis mi pulvinar tristique iaculis porta class rhoncus integer consectetur litora, interdum euismod per conubia vestibulum bibendum nunc faucibus molestie fermentum, pellentesque nam nascetur lacinia curabitur ac turpis amet condimentum. Malesuada etiam arcu massa dictum lacinia vel pretium nulla, nec nascetur id ullamcorper volutpat ante. Sociis feugiat lorem bibendum lectus felis at elementum fermentum magna justo, eleifend vitae euismod curabitur inceptos nulla nisl ut dictum. Auctor porttitor proin justo viverra dignissim placerat aptent, luctus facilisi dapibus dictumst senectus sollicitudin sagittis quis, feugiat sem vehicula leo potenti fusce. Sagittis nunc facilisi ac mattis fusce donec, nisl nostra vehicula massa duis suscipit blandit, pretium facilisis cum nullam litora. Ligula elit fringilla neque dolor tortor mattis adipiscing sit, dictum penatibus ut eu dignissim... [ , Download PDF , Matematika]

Other Updates