1. logo its
  2. Library

Chikungunya, virus akibat gigitan nyamuk bikin lemes sendi sebulan

Thursday, 24 July 2014
Chikungunya, virus akibat gigitan nyamuk bikin lemes sendi sebulan - Chikungunya, virus menular dari gigitan nyamuk yang bikin otot sendi lemes selama sebulan. Chikungunya, virus menular dari gigitan nyamuk yang bikin otot sendi lemes selama sebulan. © loopjamaica.com

Chikungunya. Virus penyakit menular ini menyebar melalui gigitan nyamuk. Emang sih enggak ada obatnya. Tapi penyembuhannya hanya dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Nah sekarang kita korek lebih jauh apa itu Chikungunya dan akibat gigitan nyamuknya.

Heboh beberapa anggota keluarga suatu komunitas mengalami penyakit misterius, dengan keluhan serupa dan hampir bersamaan. Penyakit menular? Kutukan? Atau ancaman dari pihak asing….Banyak asumsi beredar di tengah masyarakat tersebut

Selidik punya selidik oleh petugas medis setempat, mendiagnosa itu sebagai penyakit menular chikungunya. Akibatnya tak seimut namanya.Yups, suatu penyakit tergolong virus yang disebarkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk.

Terus, apa yang terjadi pada penderita chikungunya? Mirip serangan demam berdarah atau DHF. Mulai demam tinggi, menggigil, sakit kepala, mual, muntah, sakit perut, nyeri sendi dan otot, hingga keluar bintik merah di kulit terutama di lengan dan badan.

Keluhan nyeri sendi masih terasa dalam 1 bulan setelah demam hilang. Ini yang membedakan dengan demam berdarah. Selain itu, pada chikungunya tentu aja enggak terjadi perdarahan hebat maupun shock, apalagi kematian.

Awalnya penyakit menular virus chikungunya sempat tinggal dalam tubuh perantaranya yaitu nyamuk Aedes, sebelum ia masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk tersebut. Nyamuk Aedes yang terkenal itu? Bener banget, spesiesnya bisa Aedes aegypty atau Aedes albopictus.

Dari mana asal virus tersebut? Tentu aja bukan dari cerita dongeng…Penderita yang telah mengidap penyakit menular chikungunya menjadi awal sumber penyakit ini terus menular pada sekumpulan komunitas manusia

Karena vektor chikungunya adalah nyamuk, maka penularan penyakit ini terpengaruh sekali oleh migrasi dan musim yang dialami nyamuk Aedes.Nyamuk ini suka ‘berendam’ di air bersih.

Masa inkubasi demam chikungunya terjadi antara 2-4 hari. Adanya virus dalam darah dijumpai kebanyakan dalam 48 jam pertama. Namun dapat juga dijumpai sampai 4 hari pada beberapa pasien

Penyakit ini bersifat self limiting desease, artinya akan sembuh sendiri seiring dengan membaiknya sistem kekebalan tubuh seseorang

Enggak ada vaksin atau obat khusus untuk penyakit akibat gigitan nyamuk ini. Penderita dianjuran beristirahat cukup, makan makanan bergizi dan suplemen yang memadai untuk mempercepat kesembuhan.

Nah sekarang gimana mencegahnya? 3M (menguras, menutup, mengubur) tiap penampungan air yang bikin nyamuk demen ‘berendam’.

Editor: Pracoyo
[ Via: who, yokeepo ]


TAGS :
Nico Juliargo
Nico Juliargo: Author

Dokter yang tak pernah malas untuk tetap semangat



  • Ridiculus gravida facilisi vel porta enim nam, etiam quam egestas tempus sapien blandit tempor,

    22 Jan 2019 - Ridiculus gravida facilisi vel porta enim nam, etiam quam egestas tempus sapien blandit tempor, quisque donec commodo massa augue. Suscipit posuere at urna tincidunt ornare orci luctus curabitur, interdum nulla neque et eleifend pharetra amet. Tincidunt neque mi aenean iaculis laoreet donec fames porta integer, hendrerit vulputate cum facilisi luctus ac cursus nisl morbi, scelerisque nisi suspendisse dolor rutrum imperdiet posuere sapien. Lectus est malesuada felis accumsan neque molestie himenaeos, rutrum inceptos facilisi ullamcorper maecenas sociosqu sociis, pharetra vehicula velit eget at iaculis. Nisl mi nascetur malesuada inceptos cum elementum eros commodo volutpat augue, ultricies ante primis senectus lectus sociosqu vulputate sagittis vestibulum, vitae suscipit sapien elit cras ligula sodales facilisis nisi. Nibh ridiculus dolor himenaeos... [ , Download PDF , PDF , Humaniora]

  • Augue sagittis enim venenatis phasellus mi curabitur placerat platea, mus sit facilisis odio tempus

    16 Apr 2019 - Augue sagittis enim venenatis phasellus mi curabitur placerat platea, mus sit facilisis odio tempus eros cursus cubilia velit, habitant congue dapibus bibendum pulvinar rhoncus lobortis. Class adipiscing parturient et posuere orci sapien, felis aliquet pulvinar venenatis aenean, nulla semper suscipit ultrices massa. Fringilla at dui leo bibendum ut massa sodales accumsan interdum mollis, potenti ipsum cubilia convallis iaculis facilisis praesent adipiscing lectus diam montes, posuere dignissim orci pellentesque sapien est nam suscipit magnis. Cras magna ad curabitur conubia lacus molestie vehicula tincidunt ligula diam, facilisis ullamcorper elit congue suspendisse purus nam primis vitae nec pharetra, vel etiam viverra fermentum pulvinar penatibus sit orci faucibus. Nunc nibh proin facilisi facilisis cum cras nostra, ligula... [ , Download PDF]

  • Accumsan nulla varius quam lectus pharetra suscipit et vulputate habitant ultricies senectus mollis

    22 Jan 2019 - Accumsan nulla varius quam lectus pharetra suscipit et vulputate habitant ultricies senectus mollis nec felis quis sociis laoreet, sit condimentum ligula pellentesque tempus ultrices turpis sociosqu lorem proin rhoncus litora facilisi curae mauris penatibus. Augue turpis quam dui semper risus sodales vitae feugiat, accumsan scelerisque enim et interdum elit etiam vulputate iaculis, penatibus imperdiet sagittis integer sociosqu convallis fusce. Pulvinar purus mattis eget quam posuere leo ridiculus tincidunt convallis sodales, massa vivamus fringilla natoque odio accumsan quis porttitor aliquet class dapibus, porta morbi montes dignissim sociosqu habitasse cubilia tristique at. Hendrerit platea tempor aliquet faucibus et dignissim aenean convallis venenatis fusce primis, mattis ornare consequat montes habitant per purus natoque... [ , Download PDF , Antropologi]

  • Mollis leo maecenas class cum fringilla cras posuere bibendum, molestie aliquet condimentum pulvinar

    22 Jan 2019 - Mollis leo maecenas class cum fringilla cras posuere bibendum, molestie aliquet condimentum pulvinar iaculis at vestibulum, nunc ultricies tristique morbi parturient vitae penatibus. Ac nascetur inceptos sagittis varius facilisi class amet ornare maecenas, eleifend velit dictumst auctor aenean lobortis vulputate tempor natoque nam, sapien convallis phasellus ultrices eu primis justo habitant. Justo gravida semper phasellus habitasse netus interdum eros elit, magna et viverra libero placerat vivamus parturient purus iaculis, tristique nisi ac tincidunt inceptos orci cras. Duis felis condimentum taciti eleifend viverra inceptos, ornare facilisi cum dis pulvinar, quis nullam lorem cubilia non. Ante viverra lorem laoreet scelerisque suspendisse justo suscipit mauris, per tortor nulla sagittis quam amet ornare aenean, porttitor velit eleifend gravida commodo condimentum nunc. Mattis quisque... [ , Download PDF , PDF , Matematika dan ilmu komputer]

Other Updates