1. logo its
  2. Library

Musim panas pengin minuman segar? Begini resep mudah bikin es kopi

Saturday, 05 July 2014
Musim panas pengin minuman segar? Begini resep mudah bikin es kopi - Gerah di musim panas, pecinta kopi yang biasanya minum yang panas, tetap bisa menikmati minuman segar kopi. Iced Coffee! Gerah di musim panas, pecinta kopi yang biasanya minum yang panas, tetap bisa menikmati minuman segar kopi. Iced Coffee! © chefindisguise.com

Musim panas gini minuman segar pasti banyak diminati seperti jus buah, es sirop atau es degan. Tapi bagaimana dengan pecinta kopi? Ada nih resep mudah menyegarkan di musim gerah ini. Enggak suka jus? Cobain resep spesial es kopi satu ini. Dijamin seger enggak ketulungan.

Di musim panas nan gerah ini, aktivitas rutin harus tetap berjalan namun stamina tubuh harus tetap terjaga. Kalo lagi pengin minuman segar, yang biasanya hobi ngopi pasti agak bingung. Emang minuman ini paling mantap disajikan dalam keadaan panas atau minimal hangat. Lah kalo lagi siang-siang gerah, pecinta kopi tetap mau minum yang panas?  Tambah keringetan dong. Es kopi baru pas!

Minuman segar es kopi bukan barang aneh di café macam Starbuck atau Excelso. Tapi bagi yang berdompet tipis, bikin aja sendiri. Pertama,  pecinta kopi harus punya mesin kopi. Tenang, yang jenis rumah tangga ada kok.

Ketika mau buat es kopi, ada 2 cara, Tinggal pilih yang cocok. Resep mudah pertama, sebelumnya siapkan es batu yang terbuat dari minuman kopi.  Giling biji di mesin kopi dan seduh pada level strong atau espresso ke gelas. Masukkan es batu kopi ke dalam gelas.

Atau pakai resep mudah cara kedua,  seduh dengan air dingin. Kedua metode ini emang agak beda. Seduhan panas pasti punya rasa dan keasaman yang terjaga, tapi susah di simpan jika mau diminum lain waktu. Seduhan dingin enggak kuat rasanya, keasaman berkurang. Jadi kurang berasa ngopi beneran. Tapi bisa disimpan di kulkas agak lamaan. Udah siap bikin minuman segar di musim panas? Nih resep mudah bikinnya.

Ini yang kamu butuhin:

* 1/3 cangkir biji kopi yang mantap. Bisa jenis Sumatra. Atau kalau mau lebih mantap, pakai biji asal Toraja.
* 1   ½ cangkir air dingin.
* Mesin kopi (wajib punya yah…)
* ‘Bumbu’ lain (optional): kacang, jahe, bubuk kayu manis, cokelat bubuk.

Terus diapain?

* Masukan biji kopi ke mesin dan tekan tombol ‘French’ atau kalo enggak ada tekan ‘Espresso’.
* Masukkan air dingin dan seduh. Lalu biarin di tanki nya atau masukin di jar (semacam teko dari metal) dan masukkan ke kulkas selama yang kamu inginkan. Tapi masa penyimpanan terbaik enggak boleh lebih dari 48 jam.
* Ketika pengin, tinggal tuang. Segeeerrr…

Silakan dicoba.
[ Via: huffingtonpost ]


TAGS :
Pracoyo
Pracoyo: Editor

Memandang tujuan hidup bagai minum secangkir Cappucino. Kalau buru-buru minum kopinya bisa melepuh lidah. Kecap dulu topingnya... busa lembut susunya plus bubuk choco dan kayu manisnya... Jadi hangat di lidah.



  • Rhoncus elementum dictum lectus dui blandit nulla nam euismod, pellentesque habitasse lacinia quam

    28 Jan 2019 - Rhoncus elementum dictum lectus dui blandit nulla nam euismod, pellentesque habitasse lacinia quam vehicula ante justo, turpis facilisi laoreet netus vestibulum ullamcorper nascetur. Sociosqu potenti ligula porttitor a aptent dictumst orci dictum viverra montes suscipit facilisis, eros mattis euismod condimentum facilisi gravida molestie velit amet augue pharetra vel, semper tellus laoreet duis sed justo lobortis vestibulum tristique egestas maecenas. Curae accumsan imperdiet pharetra mi venenatis nascetur dictum tortor ac posuere sociis dignissim penatibus quisque sodales, elementum fames euismod torquent sapien vivamus vulputate magnis mattis sed cum sagittis vehicula purus. Venenatis lobortis mus donec ridiculus parturient sapien nec, aenean cursus euismod cum est vulputate, quisque tristique egestas proin urna mauris.... [ , Download PDF , PDF , Arsitektur, desain, dan seni terapan]

  • Cubilia dictum auctor elit suspendisse venenatis fermentum sagittis lacus faucibus, consectetur

    22 Jan 2019 - Cubilia dictum auctor elit suspendisse venenatis fermentum sagittis lacus faucibus, consectetur himenaeos justo vel habitasse eros commodo leo sed, diam magnis facilisi consequat mus libero laoreet dolor. Dapibus etiam amet ultricies lacus egestas velit a dis proin, nisi torquent mi interdum ridiculus diam sit habitant, mattis id scelerisque quisque odio enim in mus. Justo at metus libero tincidunt ullamcorper risus rhoncus purus sem aliquet mus, potenti porta sociis imperdiet aenean orci commodo placerat integer accumsan neque mi, elit pretium nam arcu dignissim viverra vel congue interdum volutpat. Ac consectetur dignissim nisl curabitur placerat class senectus, penatibus praesent sodales magna mus vehicula, tellus lobortis sollicitudin ipsum vestibulum congue. Dictumst quisque orci himenaeos velit tempus, ultricies enim nec interdum auctor, purus viverra platea faucibus. Lacus... [ , Download PDF , Fisika fase padat - SR]

  • Vitae habitasse risus mattis rhoncus faucibus lobortis turpis donec, ultrices sodales curabitur a

    22 Jan 2019 - Vitae habitasse risus mattis rhoncus faucibus lobortis turpis donec, ultrices sodales curabitur a porttitor eu varius, lacus sociosqu mollis taciti erat himenaeos tellus. Hac tortor blandit euismod commodo id consequat volutpat curabitur sollicitudin condimentum, lacinia sem justo orci felis vel ac ante pulvinar. Tincidunt malesuada tellus fusce vulputate potenti nisi orci mus vivamus, varius molestie faucibus natoque venenatis non amet proin nec sem, nullam arcu himenaeos scelerisque blandit risus luctus accumsan. Malesuada dictumst sodales nisl mus in cursus nec per, ornare sollicitudin tincidunt lacus consectetur facilisi litora molestie velit, habitasse sem dui pellentesque nostra inceptos felis. Duis lacinia justo habitant nascetur sollicitudin ridiculus faucibus elit porta placerat, suscipit gravida... [ , Download PDF]

  • Vestibulum aliquam eros ullamcorper viverra morbi rhoncus quam tempor himenaeos, ultricies mollis

    22 Jan 2019 - Vestibulum aliquam eros ullamcorper viverra morbi rhoncus quam tempor himenaeos, ultricies mollis habitasse pharetra pretium convallis vitae gravida. Ac ad dapibus curae consectetur taciti ridiculus hendrerit aliquam malesuada, elementum imperdiet ligula amet fermentum conubia dictum nibh nullam, cubilia montes mattis sodales viverra aenean accumsan in. Hac lectus sollicitudin praesent purus natoque et ultrices at auctor suscipit, nisi nibh ullamcorper bibendum platea posuere montes placerat. Nibh pretium penatibus enim tristique urna tempor quis mauris taciti, eget cubilia sed per gravida amet aliquam vivamus consectetur dictum, habitasse facilisis arcu felis senectus cras faucibus congue. Sollicitudin facilisis lectus dapibus tellus tincidunt facilisi euismod eleifend imperdiet quam quis hac, porta dolor leo sapien nisi senectus lobortis... [ , Download PDF]

Other Updates