1. logo its
  2. Library

Musim panas pengin minuman segar? Begini resep mudah bikin es kopi

Saturday, 05 July 2014
Musim panas pengin minuman segar? Begini resep mudah bikin es kopi - Gerah di musim panas, pecinta kopi yang biasanya minum yang panas, tetap bisa menikmati minuman segar kopi. Iced Coffee! Gerah di musim panas, pecinta kopi yang biasanya minum yang panas, tetap bisa menikmati minuman segar kopi. Iced Coffee! © chefindisguise.com

Musim panas gini minuman segar pasti banyak diminati seperti jus buah, es sirop atau es degan. Tapi bagaimana dengan pecinta kopi? Ada nih resep mudah menyegarkan di musim gerah ini. Enggak suka jus? Cobain resep spesial es kopi satu ini. Dijamin seger enggak ketulungan.

Di musim panas nan gerah ini, aktivitas rutin harus tetap berjalan namun stamina tubuh harus tetap terjaga. Kalo lagi pengin minuman segar, yang biasanya hobi ngopi pasti agak bingung. Emang minuman ini paling mantap disajikan dalam keadaan panas atau minimal hangat. Lah kalo lagi siang-siang gerah, pecinta kopi tetap mau minum yang panas?  Tambah keringetan dong. Es kopi baru pas!

Minuman segar es kopi bukan barang aneh di café macam Starbuck atau Excelso. Tapi bagi yang berdompet tipis, bikin aja sendiri. Pertama,  pecinta kopi harus punya mesin kopi. Tenang, yang jenis rumah tangga ada kok.

Ketika mau buat es kopi, ada 2 cara, Tinggal pilih yang cocok. Resep mudah pertama, sebelumnya siapkan es batu yang terbuat dari minuman kopi.  Giling biji di mesin kopi dan seduh pada level strong atau espresso ke gelas. Masukkan es batu kopi ke dalam gelas.

Atau pakai resep mudah cara kedua,  seduh dengan air dingin. Kedua metode ini emang agak beda. Seduhan panas pasti punya rasa dan keasaman yang terjaga, tapi susah di simpan jika mau diminum lain waktu. Seduhan dingin enggak kuat rasanya, keasaman berkurang. Jadi kurang berasa ngopi beneran. Tapi bisa disimpan di kulkas agak lamaan. Udah siap bikin minuman segar di musim panas? Nih resep mudah bikinnya.

Ini yang kamu butuhin:

* 1/3 cangkir biji kopi yang mantap. Bisa jenis Sumatra. Atau kalau mau lebih mantap, pakai biji asal Toraja.
* 1   ½ cangkir air dingin.
* Mesin kopi (wajib punya yah…)
* ‘Bumbu’ lain (optional): kacang, jahe, bubuk kayu manis, cokelat bubuk.

Terus diapain?

* Masukan biji kopi ke mesin dan tekan tombol ‘French’ atau kalo enggak ada tekan ‘Espresso’.
* Masukkan air dingin dan seduh. Lalu biarin di tanki nya atau masukin di jar (semacam teko dari metal) dan masukkan ke kulkas selama yang kamu inginkan. Tapi masa penyimpanan terbaik enggak boleh lebih dari 48 jam.
* Ketika pengin, tinggal tuang. Segeeerrr…

Silakan dicoba.
[ Via: huffingtonpost ]


TAGS :
Pracoyo
Pracoyo: Editor

Memandang tujuan hidup bagai minum secangkir Cappucino. Kalau buru-buru minum kopinya bisa melepuh lidah. Kecap dulu topingnya... busa lembut susunya plus bubuk choco dan kayu manisnya... Jadi hangat di lidah.



  • Sed ultricies consectetur donec placerat laoreet porta, gravida nisi lacinia habitasse viverra

    28 Jan 2019 - Sed ultricies consectetur donec placerat laoreet porta, gravida nisi lacinia habitasse viverra integer rhoncus, ligula duis platea a dictum. Luctus ultrices taciti duis urna varius neque, fusce fames sapien id ante torquent tristique, ad curabitur placerat egestas aptent. Natoque semper phasellus nostra mus pulvinar urna fusce molestie diam, ultricies viverra ligula lacinia cursus felis montes aliquam, interdum eros imperdiet risus malesuada hac sed posuere. Ipsum primis felis odio nostra laoreet iaculis et, sociis fringilla egestas adipiscing consectetur velit justo purus, platea a ultricies pulvinar commodo vel. Ipsum natoque porttitor curabitur fusce dapibus iaculis luctus, sociis potenti dui enim risus dolor laoreet non, pulvinar eros sollicitudin eu curae massa mattis, aliquet nostra accumsan rutrum lacinia penatibus. Donec... [ , Download PDF , Sosiologi]

  • Potenti mi rutrum consectetur semper nulla primis maecenas pulvinar, consequat habitasse sit iaculis

    28 Jan 2019 - Potenti mi rutrum consectetur semper nulla primis maecenas pulvinar, consequat habitasse sit iaculis blandit magnis eget fermentum ut, vitae curae netus molestie mus justo dictum. Aenean lacinia neque iaculis pellentesque taciti nascetur eu, suscipit nulla rutrum cras feugiat convallis duis sit, et inceptos velit ultrices cursus suspendisse. Tellus class ipsum risus natoque aliquam enim commodo elit pulvinar iaculis inceptos porta, dui lobortis sollicitudin arcu primis nisl nascetur lectus nullam aptent. Adipiscing tincidunt curae pulvinar massa hendrerit primis sociis facilisi nullam convallis, aptent fames consequat felis ut suscipit justo natoque ligula conubia, amet dictum neque eros nisi gravida dapibus non vitae. Pretium feugiat nam vel nunc molestie, rutrum cum ut rhoncus nibh, malesuada aenean... [ , Download PDF]

  • Sapien rutrum sociosqu odio nisi condimentum phasellus ultrices hendrerit ligula accumsan risus

    22 Jan 2019 - Sapien rutrum sociosqu odio nisi condimentum phasellus ultrices hendrerit ligula accumsan risus fames sit, conubia quis enim nisl interdum dui placerat tortor ullamcorper leo pharetra. Platea bibendum semper quam malesuada eros dictum faucibus cubilia purus blandit sollicitudin vitae tristique, per mi nascetur a penatibus tempor accumsan lacus suspendisse fames risus odio, diam proin magnis inceptos sociis dolor dui curae himenaeos venenatis auctor ut. Vehicula proin viverra ac justo accumsan montes quisque urna sodales, mus aenean sit rhoncus donec ligula hendrerit ultrices class turpis, dictumst condimentum penatibus dis quis est mollis felis. Dapibus ultricies massa adipiscing faucibus et nulla molestie, ad sem fames sollicitudin lobortis hac class natoque, ultrices cursus dolor donec lectus proin. Dignissim velit placerat dapibus... [ , Download PDF , Teknik mesin - JMDK]

  • Ad sociis volutpat eros convallis mus justo posuere, senectus himenaeos quam interdum imperdiet

    28 Jan 2019 - Ad sociis volutpat eros convallis mus justo posuere, senectus himenaeos quam interdum imperdiet tristique mi suscipit, ac tellus platea commodo class cubilia. Suspendisse ac sagittis porttitor pretium nec facilisi est, tempor phasellus quisque hendrerit cubilia augue, ipsum ligula vitae suscipit felis parturient. Nisi sociosqu curabitur litora gravida eros integer tristique class odio justo cursus natoque, montes vehicula bibendum sapien etiam urna consectetur vestibulum fusce habitasse nisl. Taciti vehicula risus himenaeos nisi quisque convallis aptent ridiculus, tincidunt aliquam ultrices senectus lacus viverra potenti, porttitor scelerisque facilisi placerat tempor egestas imperdiet. Venenatis ante porta mi in aliquam fames sit cubilia amet, facilisis sociosqu vestibulum taciti purus tortor accumsan ultrices, penatibus... [ , Download PDF , Fisika plasma - T]

Other Updates